BERJUALAN MELALUI ADVERTISING

Tujuan utama bisnis adalah menjual produk dan layanan untuk mendapat keuntungan. Iklan membantu bisnis mendapat keuntungan dengan membuat lebih banyak orang tahu tentang produk atau layanan dan kemudian menghasilkan lebih banyak penjualan. Konsumen, sebaliknya, tidak akan tahu tentang produk dan layanan bila tidak diiklankan. Iklan membantu pelanggan membuat keputusan berkaitan dengan produk dan layanan yang akan dibeli. 

Advertising (Iklan) adalah faktor kunci dalam pemasaran. Dengan hanya menempatkan produk di pasar tidak menjamin pelanggan membelinya. Produsen / perusahaan tentu harus membuat iklan agar produk dikenali dan akrab bagi pembeli  dan agar produk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Produsen / perusahaan harus memastikan bahwa harga yang dibayar adalah pantas untuk fitur-fitur yang mereka dapatkan dari produk yang mereka beli.

Bagi pemula bisnis, setiap uang yang dikeluarkan itu sangat berharga. Bisnis kecil beriklan  untuk memanfaatkan keuntungan terbaik dari investasi mereka.

Kampanye iklan harus menghasilkan penjualan yang lebih besar, lebih banyak keuntungan, dan bottom line yang sehat. Walaupun banyak tempat di mana Anda dapat mempromosikan bisnis, Anda perlu mengajukan pertanyaan berikut:

  • kemana target pembeli Anda?
  • Mana media terbaik untuk menjangkau mereka?
  • Mampukah saya meluncurkan kampanye yang efektif dalam menggunakan media tersebut?

Memilih media yang tepat adalah sebuah langkah penting guna mengembangkan penjualan dan rencana pemasaran Anda. Tidak ada media yang lebih baik. Media yang tepat untuk satu bisnis belum tentu tepat bagi bisnis yang lain.

Tujuan dari tiap kampanye promosi adalah memungkinkan produk menggapai orang yang tepat dengan meningkatkan kesadaran tentang produk tersebut, manfaatnya dan kekurangannya. Ini penting untuk keberhasilan sebuah bisnis.

Promosi

Tujuan utama iklan adalah menunjukkan kalau Anda punya sesuatu yang bagus untuk ditawarkan. Ini bisa apa saja mulai dari event hiburan yang Anda promosikan, produk baru yang Anda jual, kampanye politik yang Anda atur, atau ekspansi dari platform layanan yang sudah ada. 

Awareness

Iklan membantu meningkatkan kesadaran tentang sesuatu yang orang tidak familiar serta mendidik mereka tentang manfaat tertentu dari produk atau layanan Anda.

Perbandingan

Iklan mengundang audiens target untuk mengevaluasi bagaimana produk atau layanan Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Retensi

Kampanye iklan yang berkelanjutan penting untuk mengingatkan pelanggan kalau Anda masih ada. Di kondisi ekonomi yang semakin sulit dimana banyak toko, restoran, dan perusahaan kehilangan bisnis, menjaga keberadaan Anda melalui iklan teratur, event, dan website yang dinamis sangat penting untuk jangka panjang.